Seandainya saya jadi anggota DPD-RI



Ada 8 poin yang saya utamakan jika saya menjadi anggota DPD-RI.


1.     Character building


   Hal yang paling penting untuk mencetak pemimpin-pemimpin masa depan yang visioner dan bermoral adalah melalui pendidikan character building sejak dini.Melalui character building yang ditanamkan sejak dini diharapkan penerus bangsa ini mampu membentengi diri  dari sifat korup yang menjadi penyakit bagi bangsa ini.Karena tindakan korupsi lah yang sangat menghambat pertumbuhan daerah dan sangat merugikan rakyat.Seorang pemimpin yang dicintai rakyat adalah pemimpin yang jujur, transparan, aspiratif,kredibilitas, cerdas,kompetitif, rela berkorban demi kemajuan daerahnya.




2.     Apresiasi bagi mereka yang berjasa.
Suatu hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk apresiasi adalah memberikan penghargaan berbagai macam kategori. Lingkungan paling bersih, tokoh yang berpengaruh dalam kemajuan daerah, dsb. Karena cara ini efektif untuk meningkatkan kinerja orang yang mendapatkan penghargaan dan sebagai ajang kompetisi untuk yang lain agar berlomba-lomba mendapatkan penghargaan.




3.     Peraturan hukum yang adil dan tegas


  Menegakkan hukum di negeri ini bukanlah perkara yang mudah.Namun, jika kita ingin keadilan yang merata di negeri ini,kita harus siap menegakkan hukum di daerah kita terlebih dahulu. Dahulukan kepentiangan rakyat,jangan kedepankan ego karena pelaku hukum adalah keluarga kita misalkan. Jika rakyat ingin percaya dan mencintai DPD-RI kita harus benar-benar menegakkan hukum yang ada di daerah.


4.     Tentukan skala prioritas pembangunan
Pembangunan sejauh ini hanya terpusat di ibukota.Padahal banyak daerah-daerah yang lahannya masih luas untuk melakukan pembangunan. Pembangunan yang merata bagi daerah tidak hanya fokus pada pembangunan villa,residence ataupun lainnya.Kita harus mengedepankan fasilitas-fasilitas masyarakat untuk memudahkan mereka dalam melakukan aktivitas. Taman bermain, pusat telepon umum,toilet umum,pasar tradisional, ,dsb


5.  Pendidikan yang merata bagi seluruh rakyat .
      Tidak bisa kita pungkiri bahwasanya pendidikan menentukan kesempatan seseorang untuk menggapai masa depan yang lebih cerah. Pendidikan adalah proses belajar yang wajib dijalankan oleh setiap anak. Tidak ada diskriminasi.Mereka wajib untuk merasakan nikmatnya proses belajar. Karena intelektual mereka berpengaruh kepada arah bangsa ini kedepan.Jangan pernah abaikan pendidikan.Pastikan setiap anak mendapatkan pendidikan yang layak min.SMA.


6 .  Tingkatkan UKM
     Unit Kegiatan Menengah adalah hal yang cukup menghasilkan dan berperan penting dalam kemajuan ekonomi daerah. Hendaknya pemerintahan daerah memfasilitasi mereka untuk membuka UKM sendiri, dan mendorong mereka untuk terus meningkatkan kreatifitas dalam menghasilkan produk-produk yang mampu bersaing secara nasional. Semoga dengan kemajuan UKM itu sendiri daerah mampu hidup secara mandiri ,kompetitif, dan dapat membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.


7. Tanamkan rasa cinta pada negeri ini
     Arus globalisasi rupanya mengikis identitas negeri ini secara perlahan-lahan.Mereka tidak lagi mengenal budaya mereka,enggan belajar kesenian,menjaga keamann,ketertiban ,menjaga kebersihan dan mencintai produk asing.Menyadarkan mereka betapa pentingnya peran kita sebagai warga negara untuk memajukan daerah.Karena bangsa ini adalah bangsa yang besar.Perubahan sedikit yang kontinyu dapat menjadi perubahan besar untuk memajukan daerah bahkan negara ini.


8. Tingkatkan kesadaran  SDM
Penguasaan IPTEK adalah hal  yang harus dilakukan untuk memajukan daerah. Dengan IPTEK kita dapat terampil dalam pembuatan alat atau teknologi untuk memajukan daerah. Tak hanya IPTEK , potensi masyarakat dibidang yang lain pun harus difasilitasi dan didorong untuk ditumbuhkembangkan.Setiap orang berbeda potensi,beda bakat dan beda minat.Bagaimana caranya agar kita dapat membingkai segala keanekaragaman potensi menjadi sumber kekuatan yang berperan penting dalam kemajuan daerah.
0 Responses